Pada project kali ini yang masuk ke Dokter Harddisk adalah Harddisk External 2.5inch, WD Studio, Client adalah Trans TV, dimana harddisk ini berisi rekaman video footage untuk acara “Mission X”, berupa file dari kamera Helicam dan GoPro.

Permasalahan dari harddisk ini adalah dia tidak terditeksi di komputer, bahkan setelah dibongkar casing externalnya dan di ganti dengan enclosure lain tetap tidak bisa terditeksi.

Kemudian alat ini kita masukan alat DFl-URE untuk deteksi awal, ternyata masih tidak terditeksi normal, setelah di analisa lebih lanjut, kerusakan ternyata pada Service Area harddisk, lebih dari 10 module corrupt setelah pengecekan module integrity.

untungnya modul-modul vital tidak ikut corrupt, untuk dapat recover data dari harddisk dengan kerusakan firmware seperti ini, kami menggunakan DFl-FRP for WD drive, dimana alat ini dapat memprogam ulang Firmware dari harddisk Western Digital.

Langka-langkah recovery data :

  1. Backup Firmware dan Rom dari Harddisk Pasien kedalam Database Firmware Dokter Harddisk
  2. Cek microcode dan versi firmware
  3. Cari firmware yang sesuai dalam database WD Firmware
  4. Tulis ulang firmware module ke Harddisk Client
  5. Karena microcode berbeda antara milik harddisk pasien dengan yang ada dalam database, maka perlu penyesuaian versi ROM. agar drive dapat bekerja normal.
  6. Tulis ulang ROM dari database ke Harddisk Client.
  7. Harddisk di Boot Ulang dan cek data Firmwarenya, seperti type, family, spt number, capacity, serial, jumlah head dll
  8. Setelah dinyatakan normal, hardisk di pasang pada alat DFL-URE untuk proses extraksi filenya.
  9. Proses Extract berjalan normal karena file semua terditeksi normal.
  10. Selesai Extract file, kemudian mengcopy data hasil recovery ke harddisk baru milik client.

Akhirnya selesai project recovery data dari harddisk WD studio ini.

Jasa Recovery Data Terbaik di Indonesia

  Apakah anda mengalami masalah kehilangan data, ataud ata penting anda tidak bisa di akses dikarenakan media penyimpanan anda bermasalah, seperti harddisknya rusak, harddisk tidak terditeksi, harddisk tidak bisa di akses, harddisk mati, harddisk berbunyi,...

Recovery Data From NAS and RAID Disk

Data recovery from hard disk or RAID NAS today is very important, because many users hard disk with NAS or RAID methods not only in offices and companies, but also already in use by …